Saturday, December 20, 2008

There's no accident!

Oh dear oh dear...
Nonton ayat2 cinta ketawa ngakak?nonton kungfu panda nangis? That's me..
It's the same kind of movie. Kalo dicermati baik2 kedua filem ini memiliki kesamaan pesan moral. Jangan pernah putus asa dengan segala masalah dan kelemahanmu. Fahri dengan segala penderitaannya menanggung fitnah dan beban bagi cintanya sedangkan si Po-Panda dengan segala kelemahannya dalam mempelajari kung fu sampai akhirnya menjadi kungfu master.
Hanya saja, yang akan dibahas disini adalah filem kung fu panda. Lebih demokratis karena tidak mengandung unsur SARA (Suku Agama Ras dan Anatomi tubuh, meskipun shifu kecil..hehehe..). Ok, kita bahas pelajaran moralnya, jadi kalo nonton mojok tuh gak mudlorot ajah, ada manfaatnya gituh. (mojok di kamar kostan, uyel2an ma temen2??).
Pertama, saat Po dipaksa ayahnya untuk menjadi seorang penjual mie, berdagang.. Bisnis. Ingatlah bahwa anggapan naluri bisnis bisa diturunkan ke anak2 adalah salah. Jadi kalau orang tua kita businessman belom tentu juga kita jadi businessman. Bukan karena masalahnya kalo busi itu udah jadul musti ganti, tapi emang bakat itu diberikan Tuhan gak kayak DNA. Masing2 orang punya plus minus tersendiri. Yah, kecuali si anak busineesman tadi dididik mjd seperti orang tuanya. Tapi kalo dipaksain juga akhirnya kayak Po.. menderita juga, ksian khan?
Tai Lung murid shifu. Sebenarnya tai lung adalah murid yang cerdas, cepat mengambil ilmu dari gurnya. Namun kesalahan ada pada siapa ketika sifat tamak tai lung muncul, kemudian dia ingin menguasai segalanya? Jangan salahkan bunda mengandung, karena di filem ini bahkan tak disebutkan siapa nama bunda tailung.. hicks. Kesalahan ada pada ketidakseimbangan ilmu yang diturunkan Shifu pada tai lung. HArusnya ada iptek, ada imtaq, nah lo.. Nih yang perlu kita cermati, ilmu tanpa akhlak jadinya kayak monyet bahlul pake topeng SBY.. loh apa hubungannya?? Tuh hanya perumpamaan kok, artinya luarnya aja yang berilmu, sedangkan keteguhan hati dalam mencintai ilmu karena sang khaliknya amblass... Ngerasa??mending cepetan tobat!
Po ingin belajar kung fu. Nah lo.. Segendut ituh, selembek itu, mau belajar kungfu?? Yah, meskipun dengan waktu singkat Po bisa mempelajari kung fu, yah katakanlah sebagai kung fu master, perjuangan Po si panda bukan gampang. Bukan hanya latihan fisik yang dia lakukan, namun bagaimana dia belajar agar diterima di lingkungan yang baru, berkumpul dengan makhluk2 lain (mo tak sebut manusia, lah bukan..) yang notabene lebih ilmunya dari dia, sedangkan dia diberi kepercayaan tugas besar oleh master Oogway, merupakan perjuangan terberat di sini. Bagaimana seseorang mau belajar mengenal lingkungan baru, kalau kedatangan, keberadaannya saja tidak diinginkan. TApi salut bagi Po, hanya kesungguhan yang mampu meluluhkan hijab ilmu itu.
Po suka makan Pau! Po adalah pada dengan badan besar, banyak makan. Bukannya diet yang dia lakukan untuk memperingan tubuhnya bergerak, namun motivasi yang diberikan oleg Shifulah yang membuatnya bergerak selincah Sammo Hung.. (apa hubungannya? hahaah..). Yah, Po suka makan. Berawal dari Shifu yang menangka basah Po sedang makan coklet milik si monyet yang dia simpan di cupboard tinggi. Shifu menemukan apa sebetulya motivasi yang bagus, yang akan memungkinkan Po gendut bergerak lebih cepat. Motivasi. Kata klise yang selalu kita dengar dari ceramah para pengembang potensial diri, para manusia Psikologi, MSDM, hayyah..teori X dan Y. Konon ternyata kata motivasi ini sanagt penting untuk mencapai tujuan. Hal yang paling sulit adalah menjadikan Allah sebagai motivasi kita dalam melakukan segala hal. Kalau motivasi kita dalam menuntut ilmu adalah untuk mencari pahala, ridha Allah, seakan hal itu tak nyata terlihat hasilnya. Berbeda kalau kita pakai motivasi untuk cari kerja. Nah, konkrit khan? Masalah dengan Allah itu bukannya kita kesampingkan, hanya saja harus kita selipkan motivasi konkrit yang sifatnya bisa dikatakan oleh sebagian orang keduniawian ini di belakang motivasi kita mencari ridha Allah. Geetoeh...
There is no accidents.. Ini kata2 Master Oogway ketika dia memilih Po sebagai kung fu master. Semua bilang this is accident! Dengan tegas OOgway bilang: there is no accidents. Gak ada di dunia ini yang sifatnya kebetulan..ndilalah itu salah, tapi yg bener kersane Allah. lah ya to.. Semua telah direncanakan oleh Allah. Ini prinsip yang harus dipegang. KAlau Allah saja berencana, apa iya kita sebagai makhluknya tak mau berencana?? Toh ada program Keluarga Berencana, loh2.. apa hubungannya?? Perencanaan sebenarnya tidak memerlukan master plan kayak mo bangun mall.. Perencanaan sebenarnya sudah secara otomatis berada dalam otak kita. Termasuk penulisan seperti ini. Setelah ini, saya tulis itu, setelah itu, anu. That's planning. Jadi kalau ada orang bilang: aha, hidupku tuh gak terrencana, amburadul, semua mengalir saja berjalan seiring waktu, ALLAH YANG MENENTUKAN. Duh, sadarlah bro, ente membohongi potensial diri sendiri. Bukankan hari ini pun ente masuk dan baca blog ini denagn perencanaan? abis ni mo makan, abis nie mo chatting.. Rencanakan hidupmu, jangan pernah bilang kamu hanya mengalir seiring waktu, itu namanya manusia yang gak tau mau berbuat apa di dunia.
Las but not least.. Ini hanya dari filem kung fu panda... gausah diambil hati, syukur kalo bermanfaat, kalo gak, kapokmu kapann...

No comments:

Post a Comment

In a nut shell

Jika Allah yang menolong kamu, maka tiadalah yang dapat mengalahkanmu, jika Allah membiarkan kamu (tidak menolongmu)maka siapakah yang dapat menolong kamu selain Allah. -Ali Imran 160