Saturday, December 20, 2008

Miris atiku ngelihat kalian..

Siang itu aku seperti biasa makan di Banquete lantai 6 Couseway point dengan My beloved Madam. Habis jalan sana jalan sini, capek, makan.. itulah kesibukan weekend ku yang sudah hampir dua tahun ini aku jalani. Sampai juga nasi dengan fish soup yg aq tunggu-tunggu, seger..anget..n sehat! Di tengah2 waktunya makan, Ahmad sibuk dengan roti prathanya, tak sengaja aku melihat arah belakang. Di seberangku berdiri seorang cewek, pakai baju biru sederhana, pakai celan panjang, gendong seorang anak kecil. Mungkin usianya juga sama denganku. Dari wajahnya dan cara bicaranya, aku tahu.. anak Indo. Di depannya, sang nyonyah dan keluarga makan, ah, entah apa yang mereka makan, karena gak enak tolah-toleh kayak gitu, apalagi Madam bawa Nenek ni hari, bisa kena cuci aq. Sesekali tuh cewek bicara dengan anak kecil dalam gendongannya.
Hoalah... pembantu2... nasibmu. Sang juragan yang orang Malay makan dengan lahapnya sodara2, sementara dia musti berdiri di tepi meja sambil gendong anaknya. Duh gusti.. kenapa tidak disuruh duduk saja itu pembantu, ikut makan sekalian. Kalaupun itu anak kecil gak makan, selalu ada kursi anak2 kecil yg khusus dengan seetbeltnya, tarulah disitu. Dan parahnya lagi, itu orang loh bawa stroller alias kereta dorong bayi. Kenapa??? Kenapa itu cewek indo musti berdiri ngacir di depan orang2 yg sedang makan. Dimana hati sang juragan.
Pemandangan kayak gini kutemui setiap aku keluar makan. Dulu, di KFC yg masih aku ingat dengan baik. Aku mlenggong liat pembantu indonesia juga, yang berdiri mematung dengan bayinya, sementara juragannya makan dengan sedepnya. Ketika itu selera makanku jadi ilang, ayam rasanya kubis(yucks! sayur yg bagiku njelehi..), cheesefries rasanya kayak godong trembesi.. (aku udah coba, gak enak, pantes wedus'e mbah kung mendem..). Gara2 melihat pemandangan super takberperikemanusiaan itu. Lagi di pasar Yi Shun dulu, pembantu juga berdiri, padahal sang juragan orang Malay juga, serumpun dengan kita, sedarah!
Apa susahnya belikan makanan disitu.. Apa susahnya duduk dengan pembantu?toh pembantu gak bau, bersih, malah kadang lebih cantik dari juragannya. Kalau dipikir, dihitung2.. makan di banquette rata2 harganya cuman $3-$5 ajah, suruh bawa minum sndiri, kayak aq yg saku air putih kmana2 (anti softdrink!). Bukan jumlah yg besar. bahkan kalo cuman makan di Mc.D. paling burger juga cuman $3an.. Duh gusti, segitu hinakah pekerjaan pembantu. Padahal tanpa pembantu, mereka kalang kabut! Rumah pasti ancur.. anak2 ga terurus, karena rata2 orang Singapore kerja semua.
Ini malah hal yg lucu lagi. Si Yuli pagi2 ketemu aku di bawah blok. Waktu tak tanya: Where do u wanna go? (oh ya, si yuli nih paling suka diajak basa london! semangat blajarnya.. wah2.. kdang aq salut). Dia jawab: Kopitiam (foodcourt deket blok) mbak nit! Just now, I go to Mc. D with my employer, but She asked me to buy food at kopitiam. Hm.. mulai pinter dia sekarang. Aku tanya lagi saking nggumunnya, lah dari Mc.D kok ke kopitiam se? "Yul, perut ke dustbin se?mari ng Mc.D ng kopitiam??" lah dia jawab: "Aku ki sek luwe mbak! yo majikanku wis mangan, aq khan di jarno wae.. ra pantes mangan ng Mc.D.. makane iki aku dikon tuku mangan dw..!" Hm.. Yuli setengah ngamuk jawab pertanyaanku sambil berlalu..
Ternyata.. diapun jadi korban, qeqeqe kasian.. mereka. Kerja sebagai pembantu memang susah2 senang, tapi..kata ibu asramaku dulu waktu aq ngiris bawang dengannya di dapur Elkarim " Nit, kerja tuh semua susah!kalo mau mudah kerja, sana, tidur, tinggal telentang, dapet duit?kamu mau??!" (tentunya kalian tahu, kerja apa yang tidur telentang dapeyt duit khan?? apalagi tampang cakep, cepet tuh.. _jadi polisi tidur kalee..) Ketus, pedess.. tapi berbekal itulah aku bertahan juga di kehidupan ini.
Miris kadang aku menyaksikan bagaimana perlakuan mereka di depan umum. Kalaupun di rumah mereka diperlakukan gak baik, tolonglah kalau di luar, jaga sedikit "kehormatan" mereka, toh sama2 manusia, se asia, anggota asean katanya malah.. Aku pun gak bisa berbuat lebih kok, sesama pembantu.. Sayangnya, peraturan jaga perasaan tuh belom dicantumkan dan belum diusulkan oleh KBRI Singapore. Cuman offday dan bayaran ajah.. ANDAI AKU JADI DUTA BESAR... (Pantes loh, karena aq ngrasain jadi pembantu) Sebenernya syarat jd duta besar tuh musti jadi pembantu dulu, jadi tau kasusnya gimana.. yang temen2 yang makan mie nstan tiap hari, yang musti sembahyang di toilet, yang musti ngepel jam 12 malem, yang suka chatting terus..(yg ini jangan di floorkan!)

No comments:

Post a Comment

In a nut shell

Jika Allah yang menolong kamu, maka tiadalah yang dapat mengalahkanmu, jika Allah membiarkan kamu (tidak menolongmu)maka siapakah yang dapat menolong kamu selain Allah. -Ali Imran 160