Saturday, December 20, 2008

Pelajaran moral 2

Bercermin..
Apakah kita tipe orang yang mempunyai kepercayaan diri tinggi, sedang, atau rendah? Ini bisa dilihat sesering apa kita bercermin. Ada diantara kita yang namanya cermin aja dikamar gak ada. Bukannya cermin itu termasuk barang yang mahalnya seperti berlian, meskipun kilatnya g kalah, namun karena merasa memiliki cermin adalah momok. Kenapa?karena sebagian diantara kita malu melihat diri kita sendiri. Malu akan kekurangan fisik atau apapun yang bisa terpantul dari benda ajaib yang namanya cermin itu. Nah lo..
Padahal dengan bercermin, kita bisa menganalisa diri kita sendiri. "Cermin" adalah manifestasi dari muhasabah (goody2 shoes mode:on) diri kita. Bagaimana kita mampu melihat plus minus kita sendiri, yah memlalui cermin itu. Yang namanya melihat kelemahan dan kelebihan diri (utamanya kelemahan) yah pakai cermin, masak pakai teleskop. Ntar yang nampak bukannya bayangan diri, malah orang lagi beol dikali..hihi.. (Anyway, teleskop buat nginceng bintang apa org beol se..)
Oh yah.. ada kalanya kita demen..banget bercermin. Sampai2 jumlah pori2 di muka kita bisa kita hitung. Saking njlimetnya. Ini baik untuk introspeksi diri kita, biar ga sibuk neleskop orang lain (neropong kali yah?) terus, jadi bisa memperbaiki diri tanpa merugikan orang lain. Tapi kalau terlalu overdosage susah juga sie.. Ntar jadinya malah putus asa dengan hidung bulet kita, dengan gigi besar2 kita, dengan rambut putih kita, dengan tampang pas2an kita, dengan mata sipit kita..etc. Tapi khan semua cuman phisically aja.. Nah yang dicerminkan tuh mbok yao yang mentally jugah..(Pikir ndiri lah..bagian manna).

Ngubrul ttg cermin..hm..orang bilang saya ni narsis.. Biarin. Toh orang bilang, yang jelas hobby mengaca alias bercermin saya kadang tak terkendali. Terutama kalau melihat kaca bsar, entah itu pintu atau jendela.
Alkisah, sebuah siang terik abis zuhur..
Berangkatlah saya ke woodlands civic centre untuk menjalani check up kesehatan rutin, yang entah kali ini musti pakai foto rontgen. Untung aja bagian dada, kalau organ dalam bawah.. berabe, soalnya organ saya yg namanya hati sedang tidak ada ditempatnya..ilang dicuri orang. (Hush..bukan ini intinya!)
Kembali dari klinik yang terletak di lantai 4 civic centre tersebut, saya nungguin lift. Maklum, hari kerja, ruamenya gak nguatin. Lama...rasanya. Gak sampai2 tuh lift. Sejurus kemudian..narsis saya tiba2 on sodara2.. Itu pintu lift subhanallah, mengkilat kayak cermin. Namanya juga Nita lihat cermin, udah dech kayak kera. Pertama berdiri tepat didepan lift ituh, benerin jilbab, senyum sana, senyum sini. Ahh..lift ga dateng2 jugah..isenglah yang muncul. Saya dengan kebiasaan gokil, nyengir kuda. (sumpah jelek, gausah dibayangin!). Lama juga si, kalo nyengir lebih dari 5 detik. Ah, tak disangka2..TADA...Lift dengan kapasitas 15 orang uyel2an didalamnya terbuka lebar di depan saya yang sedang nyengir kuda. Hicks!!!
Malu...banget. Saya mundur pelan..terus ngacir dech..pintu lift terdengar terrtutup. Entahlah, apa yang sedang dipikirkan orang2 dalam lift saat itu. Yang jelas..pelajaran baru buat saya: Dilarang menyerupai kera! Yang hobbynya ngaca, pengendalian diri itu perlu..hihihi..kalo g mau bernasib kayak saya sie..

Pelajaran moral: Turn off ur narcism when u r going out..

No comments:

Post a Comment

In a nut shell

Jika Allah yang menolong kamu, maka tiadalah yang dapat mengalahkanmu, jika Allah membiarkan kamu (tidak menolongmu)maka siapakah yang dapat menolong kamu selain Allah. -Ali Imran 160