Saturday, December 20, 2008

dealing wtih bully

BIG BULLY..
Big bully dsini bukanlah kebo besar, kalo kebo besar mah sama matador juga tunduk. Kalo big bully satu ini adalah Orang yang dengan sengaja, terencana membuat orang lain yg lebih lemah menjadi takut atau susah agar orang lain tersebut melakukan apa yang dia inginkan (adapted from:Longman Active Study Dictionary). The big bully ini bukan berarti orang besar ajah, orangnya kadang malah kecil, tergantung si kondisi, manipulasi, investasi, toleransi, dan semua yang berbau si. Big bully ada di mana2, bisa siapa saja. Asal orang tersebut memiliki kelebihan dibanding kita, dalam point apapun itu, mereka bisa memiliki potensi sebagai bigbully. The big bully akan membuat kita merasa hidup segan mati enggan, menelan nasi terasa sekam(gak uenak, percayalah padaku..).
Siapa sih, yang berkemungkinan menjadi big bully bagi kita?? Jawabnya semua orang yang berafiliasi dengan kita.
Misalnya nih:

Bos kita. Namanya juga bos (Bandotan Of System, qeqeqe..). Kecenderungan bos adalah melakukan fungsi manajemen dan leadership, bukan fungsi Mr. Asking saja. Itu baru dinamakan bos ideal, disamping memberikan perintah pelaksanaan tugas, bos harusnya juga memimpin dengan baik, mengarahkan, dsb (baca sndiri po'o, buku manajemen banyak). Namun ada kalanya Si Bos ini menjadi the big bully. Semua yang kita lakukan salah, semua yang kita katakan gak bener, dan kadang dia menebak pikiran kita pun silap. Wah.. ini baru namanya penyakit. Kadang nih, si Bos yang notabene hanya manusia biasa, bukan Harry potter (Harry potter ajah manusia..), menginginkan kita melakukan hal2 yang diluar kemampuan. Misalnya, dikasih kerjaan ini, belom selesai, ditambah lagi, sampai kita lemburan, pulang pagi, pergi lagi. Hm.. Namun demi kelangsungan hidup, biasanya kita iya2 ajah melakukannya. Bukannya mau su'udzon, kadang Bos berbuat begini bukan karena memang banyak pekerjaan di kantor, namun karena semata2 menghitung apa yg dia berikan dengan apa yg kita lakukan dengan prinsip pemasukan harus lebih banyak dari pada pengeluaran. Bos memang kadang nyebelin, tapi tenang ajah.. ada solusinya..
Pihak selanjutnya yg berpotensi sebagai adalah, teman, sahabat, kolega, ah, apapun sebutannya.. Friendship never dies.. emang betul, but ur friend will die, remember that..
Halah, yang namanya sahabat , temen, dsb kita menyebutnya adalah bagian dari indahnya perasaan dalam kehidupan. Bayangin kalo gak ada temen, wuah.. sepi jez! Mo main sendiri, mo makan sndiri, hidup terasa kaku, bagaikan angka satu (malah dangdutan ki). Tapi, ada kalanya terasa apa enggak, temen kita ternyata big bully. Kalo gak sadar sih gak masalah.. masalahnya kalo kita sadar itu loh, menyakitkan. Ada temen yg suka minta pijet(kalian yg di pondok?), ada temen yg suka minta kerik, minta pulsa, minta duit, minta rokok, minta ini anu, minta cewek.. loh! Jangan dpikir itu gak mungkin, ada juga malah yg minta istri. Makanya, hati2 dengan temen, bisa2 dia jd big bully.. tapi tenang.. ada solusinya..
Pihak mana lagi yg berpotensi?? Hm.. Ini dia.. PASANGAN KITA! Pasangan ini bisa macem2 loh, suami istri misalnya, pacar (kalo yg masi pake cara jahiliyah..), orang yg saling mencintai misalnya.. Nah, kalo udah berbau yg namanya cinta ini, dengan sedikit bumbu komitmen,halah.. mudah bagi pasangan kita untuk bully kita, serius. Ada kalanya istri2 kita nih, bully suami dia, kualat emang.. Ada nih, dlu aku jadi saksi mata bagaimana seorang suami yang tiap hari harus cuci bajunya, cuci piring dan masak. Ketika ku tanya dia, knapa gaka ambil pembantu ajah, khan bapak dah tua.. Tapi, ya itu, kta beliaunya tuh, bapak dah pensiun, gak ada kerjaan, ngapain kalo gak ngrjain kerjaan rumah. Doh. Kalo saja pekerjaan itu diiringi senyum gak papa, tapi seringkali dari balik kamar aq dan temen2 geleng2 denger sang suami dibentak2, suruh cepet, lelaki, ati2 kalian.. Hal ini bisa terjadi sebaliknya loh, berjibun kasus suami bully istri, dsini kebetulan contohnya yg kebalikannya, biar imbang.
Pacar2 kalian bully..(sapa suruh pacaran, ye?). Ada kalanya si cewe2 nih, saking manjanya, waduh minta ampun kalo dg cowoknya. Ada dulu nih, seorang sahabat baikku, yang tiap minggu abis dzuhur dateng ke rumah n mendengus, hh.. cewekku nit.. qeqeqe. sapa suruh pacaran? dibully orang baru teu. Kadang cewek2 kita minta dibeliin coklat lah, minta dianterin pergi kuliahlah, minta pulsa lah, minta diteleponlah,minta dipijak2 lah (klo ini ga ada kayake..)N kalo gak diturutin, halah.. monyong bibirnya, ngambek. Yah, kalo dah ada cinta emang kayak gito. Nungguin telatnya janjian 3 jam juga asyik ajah, naik angkot 2 jam berdesak2an yah,kayak naik BMW model terbaru.. bahkan, ATM terkuras abis, enjoy ajah.. cinta...
Pihak berikutnya adalah keluarga kita. Ini yg terjadi beberapa waktu yg lalu. "Vin..." Bapak panggil Alvin dari ruang depan. Alvinnya diem ajah, muka malas, monyong lagih. "Vin, bapak panggil tuh, sono menghadap!" Kataku cekikikan.. Tau apa Alvin bilang, "Alah.. mbak, males ah, wong bapak ngko mesti ngongkon jupuk obeng, kunsi inggris, kabel, gunting, males ah.. bos besar!" Alamak.. ternyata adeku yg kecilpun udah sadar, kalo bapak panggil tuh, alamat buruk, jadi bahan suruhan terus.. Ini dia yg aku maksudkan, kadang orang tua gak pake ukuran, asal deket, disuruh, deket, disuruh, makanya anak2 sekarang males dengan ortu, lah disuruh2 terus.. dasar bully. Kita sebagai orang tua, sadar diri donk, gimana anak mau deket dengan kita kalo kayak gituh, kalo hal2 sepele yg kita bs lakukan sendiri, lakukan sendirilah.. Ini hanya sekedar contoh, bisa ajah bullynya justru anak2nya.....
Berhenti nulis dlu.. ada yg kacau bikin otak njendel dg gombalannya di YM..
Hh.. dah pergi dia..
Masi buanyak pihak2 yang akan membuat kita terjebak dalam masalah ini. Ngomong2 tenteng YM..jadi inget tentang cyber bullying. Nah ini yang lagi marak sekarang, bahkan mungkin aq termasuk orang yg seperti itu. The cyber bully. Mereka bisa mengatakan apa ajah, hal2 yg nyenengin, nggilani, n so on. Bahkan ada kasus yang korbannya sampai bunuh diri karena patah hati. Hm.. kalo sampai kayak gini, diapakan yah enaknya cyber bully...??? Ada ide?
Oh ya, setelah semua bully terdeteksi, sekarang waktunya kita menganalisis solusi yang bisa kita lakukan utk jaga diri.
Thukah kalian, bahwa sebenarnya bully-lah yang bermasalah, bukan kita sebagai korabannya? Yah, berarti juga, kalo kitanya bully (ngerasa gak loe?) kitalah yang bermasalah. Kebanyakan bully sebenarnya merasa tak berkekuatan, lemah, gak ada kepercayaan diri, cenderung minder pada orang lain. Kaebanyakan bully melakukan hal2 yang menyakiti orang lain karena mereka sendirilah yang "sakit". Mereka adalah korban dari rasa tidak aman dan tidak percaya pada diri sendiri. Itulah sebabnya mereka melampiaskan semuanya pada orang lain. Mereka mencari korban untuk melepaskan rasa kekecewaan terhadap hidup. Oleh karena itu, anak2 yang merasa menjadi korban bully di rumah, akan cendrung menjadi big bully di sekolah. Orang2 yang sering menjadi korban bully di kantor, akan menjadi bully di rumah, dan orang2 yang menjadi korban bully di dunia nyata akan menjadi big bully di dunia cyber. BULLY OH BULLY.. Kasian kalian.. Jangan benci para bully, sayangi mereka, arahkan mereka... (kayak iklan Aids ajah..)
Menghadapi big bully???
(=) Tenang, ini kunci awal ditambah dengan kepercayaan pada diri sendiri meskipun sebenernya tidak se PD itu, coba ajah di kaca.. kalopun si bos sedang ngamuk2, tenang, kalopun sahabat sedang mencela2 kita, mengkritik semua yang ada pada diri kita.. STAY COOL.. (bukan sate dingin nih!) Jangan tunjukkan kita bener2 terpengaruh oleh umpatan, omongan ato apapun yg bully lakukan pada kita.
(=) Jika mungkin, acuhkan si bully. Hal2 yang paling tidak enak dalam dunia ini salah satunya adalah, dicuekin! Percayalah padaku.. Bully menginginkan reaksi dari aksi yang dia lakukan. Kalo kita gak bereaksi, halah bosan sendiri.. kasarannya: babahno, ben sak polah2e dewe, nek abis batereinya.. khan mati sendiri. Apa lagi kalo di cyber..klo kita lihat orang itu bully, halah, cuekin ajah. Ato klo perlu, bully balik dia, tapi jangan larut, nyakitin orang tuh dosa..
(=)Walk AWAY. Nah.. ini yang kadang membuat orang mengira kita pecundang. Salah, kita pergi bukan karena kita pecundang, tapi kita merasa tak butuh dengan percakapan atau apapun yang bully sedang lakukan. Kecuali pada bos kita, pliz jangan dicoba, bisa dipecat..
(=) Hindari dalam keadaan sendiri. Selalu bersama teman itu adalah hal yang baik, at least, ada saksi kalau terjadai apa2 pada kita. Karena sebenarnya bully hanya melakukan hal buruk pada kita pada saat ia yakin ia bisa menang. Nah, bully nih takut dikeroyok.. Makanya, kadang kalo cewe2 yg suka mencela tuh.. suka melakukannya di toilet, di depan cermin, khan sepi.. Bos juga gituh, kita dipanggil ke ruangannya.. untuk jd korban bully..
(=)Jangan ambil risiko tersakiti secara fisik. Ati2.. duit bisa dicari, kalo nyawa..? jawab sendiri..
OK.. Inia ajah tentang big bully yah.. Pada para bully, bertaubatlah.. pada para korban bully, kita hajar bully...........

No comments:

Post a Comment

In a nut shell

Jika Allah yang menolong kamu, maka tiadalah yang dapat mengalahkanmu, jika Allah membiarkan kamu (tidak menolongmu)maka siapakah yang dapat menolong kamu selain Allah. -Ali Imran 160