Sunday, March 1, 2009

I am more beautiful than Cleopatra





Lama ga nulis..

Namanya ide memang muncul pada waktu yg tidak terduga, sepertiyang pernah dikatakan oleh temen blog sebelah. Kadang abis boker baru muncul..hehehhe. Sekedar berbagi cerita setelah jalan2 ke perpustakaan. Nah loe, enaknya disni kita baca di perpus ga usah pakai kartu anggota, tinggal masuk terus baca ampe peang. Kecuali kalau kita maunya pinjem..baru dech kena charge. Kebetulan kemarin baru dapet buku unik. Menurut saya unik karena ini buku membuka mata para pembaca tentang hal2 yang sudah mendarah daging, bahkan kadang materi2 di dalamnya diujikan di beberapa ujian masuk sekolah tertentu untuk bidang pengetahuan umum. Di dalam buku ini diberikan fakta2 baru tentang banyak hal di dunia yang jujur saja membuat saya tertawa geli. Misalnya si galileo yang ternyata bukan penemu teleskop (konon ditemukan oleh orang lain, kemudian dengan jeniusnya galileo mengembangkan sistem teleskop ini menjadi berbagai macam teleskop yang lebih sophisticated). Ada juga anggapan banyak orang bahwa obat alernatif dan alami atau CAM (Complementary and Alternative Medicine) adalah cara yang aman, bahkan tanpa efek samping, yang dalam buku imut ini didedahkan dengan jelas bahwa anggapan ini salah. Dengan cerdas sang penlis mengumpamakan Mariyuana juga 100% alami, apakah tanpa efek samping (ini saya ngikik sampe kaku di perut, bodohnya....manusia). Ada fakta juga tentang bagaimana membohongi alat pendeteksi kebohongan (ini ada kuisnya di salah satu channel cable TV, saat fakta diungkapkan dan peserta kuis harus menjawab jujur, makin jujur makin tinggi Dolar dibawa pulang) dengan cara tertentu (mau blajar..contact me, hehhehe).
Dan yang paling saya tunggu adalah terungkapnya fakta bahwa Cleopatra tidak cantik secara fisik. Bisa dikatakan tidak cantik secara fisik karena meskipun saya wanita, saya bisa menggambarkan bagaimana ukuran dan standar wanita cantik menurut mata lelaki. Kalau Cleopatra ini adalah wanita dengan tinggi "maaf" hanya 150 cm, berhidung bengkok (saingan, punya saya bengkak), pendek, gemuk, montok, bertelinga panjang, dan dagu mencuat. Degan gambaran ini saja, bisa kita bayangkan bagaimana Cleopatra wajahnya khan?apalagi bodynya? Wah..udah pasti heavy bottom dah (ni panggilan untuk tipe panci yang bawahnya tebal di dunia kuliner, hahaha).
Lalu?bagaimana Mark Anthony dan Julius Caesar takluk padanya?Hm..jawabnya ada di kekauatan intelektual si Cleopatra. Dikisahkan Cleopatra adalah wanita bijak, pandai, pendidikan tinggi, pokoknya..best dahh dari segi akademikm dan jabatannya.. Lelaki mana yang tidak tergiur dengan kepribadian seperti dia?
Jadi inget kang abik (Habiburrahman El Shirazy), dalam cerita tipisnya :Pudarnya Pesona Cleopatra. Digambarkan seorang lelaki yang susah mencintai istrinya karena dia mendambakan gadis mesir yang cantik, yang dalam gambaran novel2 islami biasanya dijelaskan bagaimana gadis mesir itu berdagu lancip, berhidung mancung, tinggi semampai, dan berkulit khas padang pasir yang bersih.. Duhai para pembaca cerita padang pasir..andai kita banyangkan Cleopatra yang seperti dalam gambaran gadis mesir.. tentu darah berdesir juga dengan kecantikannya. Namun ketika membaca fakta tentang fisik Cleopatra..tentu tertawa geli karena kita selama ini dibodohi, atau memang kita yang sudah terpaku oleh cerita yang mendarah daging? Bahkan kang Abik sampai menjadikan nama itu sebagai judul sebuah karyanya..
So..kisah Cleopatra ini bisa jadi contoh buat kita2 yang kadang sampai anoreksia mengamati kekurangan fisik kita (misalnya yanglagi punya jerawat..dipandangin terus tuh jerawat sampai resah gundah gulana, padahal disamping jerawat itu ada hidung yang mancung, bibir yang seksi, mata yang cemerlang, jidat yang nonong..oops!) beralihlah berpikir positif dan memandang sisi baik pada fisik kita. Sungguh Allah menciptakan kita sempurna untuk kita. Biarpun makhluk Allah bilang kita tak sempurna. Syukur dan tingkatkan potensi diri, Cleopatra yang kayak gitu aja bisa kok, masa kita enggak.
Alhamdulillah..Ternyata Aku lebih cantik dari Cleopatra :)) Narsis mode: on forever!
Better buy this book (udah diterjemahin k bahasa kita kuk): Cleopatra Si cantik atau si Buruk rupa
Pengarang: Dr. Karl Kruzelnicki
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Tahun: 2007

No comments:

Post a Comment

In a nut shell

Jika Allah yang menolong kamu, maka tiadalah yang dapat mengalahkanmu, jika Allah membiarkan kamu (tidak menolongmu)maka siapakah yang dapat menolong kamu selain Allah. -Ali Imran 160